Tips Merawat perangkat lunak atau Software adalah Pembahasan materi kita pada saat ini, Sebelumnya kami membahas tentang Tips merawat hardware komputer atau perangkat keras.
Apa itu Software, Bagaimana cara kerja Software?  Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah, melalui Software inilah komputer dapat menjalankan suatu perintah. Menurut pendistribusianya Software terbagi menjadi 4 macam software yaitu Software Berbayar, OpenSource,Shareware , dan freeware

Fungsi Software adalah sebagai sarana interaksi antar pengguna dan perangkat keras. melalui software inilah, bahasa manusia di terjemahkan kedalam bahasa mesin sehingga kita dapat mengatur mesin komputer dengan mudah.
.


Tips merawat perangkat lunak,software

  • Hidupkan danmatikan komputer sesuai prosedur yang benar. pada sistem operasi windows, lakukan selalu proses shutdown sehingga saat menghidupkan kembali komputertidak ada masalah dengan sistem operasi
  • Gunakan program bantu antivirus. dan secara berkala lakukan scanning terhadap file-file yang ada pada komputer sehingga kemungkinan keberadaan virus dapat terdeteksi lebih dini. sebaiknya kurangi transfer dengan media disket.
  • lakukan backup data secara berkala. hal ini berguna untuk menjaga keamanan data mengurangi penggunakan kapasitas media penyimpanan dan memudahkan pendistribusian data jika di butuhkan.
  • Untuk keamanan data gunakan selalu UPS dan Stavol jika sewaktu-waktu aliran listrik padam, masih ada waktu untuk menyimpan hasil pekerjaan dan melakukan shutdown sesuai dengan prosedur.
  • lakukan penataan disk (hardisk drive ) secara rutin, karena seperti telah di uraikan dimuka, proses hapus tulis media penyimpanan membuat struktur file menjadi tidak teratur, gunakan program pembantu seperti Scandisk dan defrag.
  • sebaiknya tidak menginstal sistem operasi yang tidak dibutuhkan walaupun komputer masih mampu. semakin padat konfigurasi perangkat lunak pada sistem operasi,maka kinerja komputer menjadi lambat.

1 komentar:

  1. perangkat lunak komputer memang penting harus dirawat dan dijaga agar tidak mudah bermasalah...
    blower hp

    BalasHapus