Cara merawat laptop dengan baik adalah materi pembahasan kita pada saat ini sebelumnya kita pernah membahas tentang Cara mengatasi kumputer terlalu panas. Laptop atau kebanyakan orang menyebutnya komputer jinjing adalah salah satu barang elektronik sangat sensitif bila tidak dirawat dengan baik, akibatnya tak jarang laptop yang tidak dirawat pemiliknya masuk ke tempat service. memang merawat laptop itu susah-susah gampang.

 Cara merawat laptop dengan baik
  • Gunakan tas laptop yang aman. ada banyak tas laptop baik yang bawaan dari toko maupun yang beli sendiri. yang pasti tas yang cukup anman dari goncangan dan menggunakan gabus pengaman yang cukup baik.
  • Hindari laptop dengan sinar matahari langsung. laptop adalah alat yang sangat peka dan mudah rusak ketika terkena sinar matahari langsung, baik ketika kerja maupun ketika meletakan laptop harus terlindung dari sinar matahari.
  • letakan laptop pada media yang rata. ketika digunakan sebisanya jangan meletakan laptop pada area yang sangat empuk karena bagian bawah laptop sirkulasi udaranya harus lancar. jika laptop diletakan di media yang empuk maka akan sangat cepat panas.
  • Gunakan Stabilizer. sebagai pengaman sebagai rusaknya hardware yang diakibatkan listrik tidak stabil, gunakanlah stabilizer walaupun yang standar saja.
  • Jauhkan dari benda yang mengandung magnet kuat. ketika sedang digunakan maka hindari pendekatan laptop dengan benda yang mengandung magnet kuat karena bisa merusak kinerjanya.
  • jauhkan dari air. sebisa mungkin jauhkan laptop dari siraman air, jika anda kerja sambil minum maka gelas yang anda gunakan harus jauh dari laptop agar jangan sampai terjadi kecelakaan yang akhirnya menimbulkan musibah pada laptop, terutama daerah keyboard.
  • jangan meletakan sesuatu diatas laptop. Ketika laptop sedang tidak digunakan dan disimpan diatas meja, hindari meletakan sesuatu diatas laptop apalagi lumayan berat karena bisa merusak layar monitor.
  • Hati-hati membawa laptop. walaupun laptop sudah mempunyai tar namun anda harus tetap hati-hatimembawa laptop. jika anda menggunakan tas laptop ransel jangan sampai terjadi tumbukan/benturan terlalu keras dengan badan anda.
  • Bersihkan secara berkala. Usahan bahwa setiap periode tertentu anda membersihkan laptop terutama pada bagian keybuoard dan layar monitor. untuk membersihkan keyboard gunakan kuas halus sedangkan untuk layar sudah ada alat yang di jual di toko komputer.
  • Gunakan batterai seperlunya. Cara yang paling baik untuk penggunaan batterai laptop adalah memakai batterai hanya ketika listrik tidak ada jikalau anda menggunakan listrik sebaiknya anda melepas batterai jika sebuah batterai terpasang terus bersamaan dengan menggunakan listrik maka umur batterai tersebut tidak akan panjang,

1 komentar: