Tips merawat batterai laptop

  • Ketika laptop baru dibeli batterainya masih kosong. laptop tidak boleh langsung digunakan sekalipun charge listrik terpasang. laptop harus dimatikan dulu, di charge selama 4-8 jam hingga lampu indikatornya menunjukan full charge ( biasanya lampu indikatornya berwarna hijau )
  • Jika anda sedang presentasi tetapi sedang bekerja rutin dengan laptop dikantor lepaskan batterai laptop dan gunakan listrik langsung. jika batterai terpasang, charge juga terpasang dalam banyak kejadian menyebabkan batterai cepat bocor. walaupun laptop modern memliki sirkuit yang memastikan batterai tidak digunakan bila charge terpasang, tetapi suhupanas juga dapat mempersingkat  masa pakai batterai. ingat batterai laptop digunakan hanya ketika listrik tidak dapat digunakan.
  • Patikan untuk menggonfigurasi pengaturan batterai laptop anda dengan tepat. aturlah priode sleep laptop Anda agar memungkinkan Anda untuk menonaktifkan layar dan hardisk setelah jangka waktu tertentu komputer tidak digunakan. tentukan priode ini sesingkan mungkin untuk memaksimalkan masa pakai batterai.
  • Nonaktifkan Bluetooth dan Wifi ketika tidak di perlukan, ketika anda menonton film,mengetik dokumen dan Anda tidak perlu Online, menon aktifkan perangkan nirkabel. hal ini dapat membantu untuk menghemat daya sebab konsep bluetooth dan wifi adalah mengirim dan menerima signal walaupun anda tidak menyadarinya dan ini menghabiskan daya lebih parah lagi ketika dua fitur ini Anda aktifkan di tempat yang sama sekali tidak ada signal.
  • kurangi konfigurasi layar terlalu terang. di satu sisi layar terlalu terang adalah baik karena tulisan lebih jelas, tetapi di sisi lain makin terang laya makin banyak pula daya yang di gunakan.
  • Sejalan dengan tips sebelumnya anda harus me nonaktifkan Screen saver.terutama di tunjukan  untuk mencegah layar agar tidak terbakar, screen saver mengkonsumsi daya jauh lebih tinggi karena CPU aktif dan kartu video layar di gunakan juga. ini sama menonton video pada laptop.
  • Selain menonaktifkan bluetooth dan perangkan nirkable, juga melepaskan perangkat eksternal ketika tidak di perlukan. sebuah USB atau Mouse nirkabel, memory stick USB, Hardisk eksternal atau kartu PCMCIA yang sedang tidak digunakan pada laptop harus di lepas. Anda harus paham, semua perangkat tadi menggunakan daya dari laptop anda.
  • Periksa juga program starup Anda  program aktif  dan menutup program anda yang tidak perlu, program starup yang terlalu banyak akan menyebabkan loading lama. loading lama akan membutuhkan abnyak memori vitual sehingga terlalu banyak menggunakan akses hardisk.
  • Jika Anda ingin mendengarkan musik, gunakan headset dan bukan speaker, karena speaker laptop kecil maka walaupun musik sudah maksimal tetapi suara tidak maksimal di telinga anda. jika volume dinaikan maka penggunaan daya makin bertambah besar.
  • Update Bios dan Driver . produsen komputer melakuan perbaikan software meraka melakukan sepanjang waktu untuk memperbaiki cara hardware digunakan. memperbarui bios akan memastikan bahwa anda memiliki versi terbaru dan memberikan kompatibilitas maksimum dengan penghematan daya semua fitur sistem operasi. halyang sama berlaku untuk Driver perangkat keras. driver mengendalikan semua aspek dari perangkat keras. termasuk mode penghematan daya.

1 komentar:

  1. salah satu hardware laptop yang mesti dan harus dijaga karna kalau sudah rusak harganya juga lumayan mahal...
    blower hp

    BalasHapus